Penerapan Metode Preview, Question, Read,Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di SDN Tunjungseto Tahun Ajaran 2021/2022

Slamet Riyanto, Muhamad Chamdani, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Tunjungseto tahun ajaran 2021/2022 dengan metode PQ4R. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian ini adalah nilai keterampilan membaca pemahaman dan aktivitas pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian proses, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan membuat dan menjawab pertanyaan penamdu serta menceritakan kembali isi teks bacaan. Siswa yang terampil membuat dan menjawab pertanyaan pemandu pada siklus I sebesar 84,79%, siklus II sebesar 88,55%, dan siklus III sebesar 92,2%. Siswa yang terampil menceritakan kembali isi teks bacaan pada siklus I sebesar 62,44%, siklus II sebesar 73,82%, dan silus III sebesar 82, 82%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Tunjungseto tahun ajaran 2021/2022.

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.