Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SDN Sidareja 01 Tahun Ajaran 2021/2022

Dominica Putri Septania, Wahyudi Wahyudi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan dan penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan siswa kelas V SDN Sidareja 01. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dan guru kelas V SDN Sidareja 01. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, kesalahan penggunaan huruf kapital dengan frekuensi paling banyak pada huruf pertama awal kalimat yaitu sebanyak 59%, dan kesalahan dengan frekuensi paling sedikit pada kata ganti agama yaitu sebanyak 9%. Selanjutnya kesalahan pada penggunaan tanda baca dengan frekuensi paling banyak yaitu pada kesalahan penggunaan tanda baca titik 69%, sedangkan frekuensi paling sedikit yaitu kesalahan pada tanda hubung yaitu 8%. Penyebab kesalahan tersebut yaitu karena siswa terlalu menganggap mudah pada materi ini dan juga siswa masih sering kali menulis dengan kebiasaannya masing-masing atau tidak memperhatikan penggunaan huruf kapital serta tanda baca yang baik dan benar sehingga masih ada beberapa siswa yang melakukan kesalahan

Keywords

error analysis, capital letters, punctuation, descriptive paragraphs

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.