Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar melalui Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022

Laili Anjani, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Perkembangan teknologi abad 21 yang semakin pesat saat ini sangat mendukung pelaksanaan pendidikan, guru diharapkan dapat menggunakan teknologi tersebut dalam pembelajaran melalui pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar siswa kelas III SD Negeri 2 Kebumen melalui pendekatan TPACK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam tiga siklus lima pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes dengan validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kualitatif dan kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata ketuntasan siswa tiap siklus selalu meningkat, yaitu 70,83% pada siklus I, 83,33% pada siklus II, dan 91,67% pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

TPACK, bangun datar, kelas III SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.