Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022

Faza Alzaura, Wahyudi Wahyudi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching, (2) meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes unjuk kerja keterampilan menulis aksara Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) penerapan Quantum Teaching dilaksanakan melalui langkah (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa; (3) kendala penelitian ini di antaranya yaitu terdapat siswa yang pasif saat berdiskusi dan siswa gaduh saat mengikuti kuis. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru berkeliling kelas membimbing siswa dalam berdiskusi dan guru mengingatkan siswa tentang peraturan mengikuti kuis.

Keywords

quantum teaching, writing skills in Javanese letters

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.