Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar IPA Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita pada Siswa Kelas V SD Se-Gugus Tamansari

Verliana Puji Pangesti, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: membuktikan adanya pengaruh model PJBL terhadap hasil belajar IPA dan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA tema 9 benda-benda di sekitar kita antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model PjBL. Peneitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SDN 1 Tamanwinangun, SDN 2 Tamanwinangun, SDN 3 Tamanwinangun dan SDN Muktisari. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen observasi dan tes. Tekni analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar IPA, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 < α (α = 0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan dan tidak menggunakan model PjBL (Sig. 0,41 < α (α = 0,05)). Jadi model PjBL berpengaruh dan meningkatkan hasil belajar IPA.

Keywords

Project Based Learning, learning outcomes, natural science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.