Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SDN Sekecamatan Prembun Tahun Ajaran 2021/2022

Cut Dede Diah Rosyidah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif pemberian penguatan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun dengan sampel sebanyak 214 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan sumbangan efektif dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian penguatan berpengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung (7,853) > ttabel (1,971), artinya semakin tinggi pemberian penguatan, semakin tinggi pula kedisiplinan belajar siswa. Sumbangan pemberian penguatan terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 22,5% dan sisanya sebesar 77,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini yaitu pemberian penguatan berpengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

pemberian penguatan, kedisiplinan belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.