Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022

Aditya Aldi Pamungkas, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik, (2) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik, (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV semester genap di SD Negeri 2 Kedungmenjangan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan objek siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi angket, wawancara, observasi, studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Jenis kesulitan belajar yang dialami siswa terjadi pada pembelajaran IPS kelas IV yaitu jenis kesulitan pra-akademik (kesulitan belajar kognitif dan kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku) dan akademik (kesulitan belajar menulis); (2) Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan yang pertama yaitu faktor minat, faktor motivasi, metode pembelajaran yang kurang tepat, sarana dan prasarana kurang memadai, dan kurangnya pendampingan orang tua; (3) Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan dapat dilakukan oleh guru, orang tua dan siswa dengan langkah identifikasi, diagnosis, prognosis, dan memberikan bantuan.

Keywords

analysis; student learning difficulties; social studies learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.