Pengaruh Minat Membaca terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022

Dwi Puji Lestari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat membaca berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 345 siswa dengan jumlah sampel 222 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan sumbangan efektif dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif minat membaca terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel adalah 6,706 > 1,970. Artinya semakin tinggi minat membaca siswa, maka semakin tinggi pula keterampilan berbicara siswa dan begitu juga sebaliknya. Minat membaca memberikan sumbangan terhadap keterampilan berbicara sebesar 17,0% dan sisanya 83,0% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords

minat membaca, keterampilan berbicara, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.