Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Ajaran 2021/2022

Erlin Wahyuningasti, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh positif rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Kecamatan Banyuurip tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se–Kecamatan Banyuurip yang berjumlah 229 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi (KP), dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se–Kecamatan Banyuurip dimana diperoleh nilai Sig. 0,000 ˂ 0,05 dan nilai thitung 13,388 > ttabel 1,970, Sumbangan rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V sebesar 44,1% dan sisanya 55,9% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se–Kecamatan Banyuurip tahun ajaran 2021/2022, yang menunjukkan semakin tinggi rasa percaya diri, semakin meningkat pula keterampilan berbicaranya.

Keywords

self-confidence, speaking skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.