Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik Secara Tatap Muka di SD Negeri 1 Kutoarjo Tahun Ajaran 2021/2022

Dita Pratiwi, Tri Saptuti Susiani, Ngatman Ngatman

Abstract

Pembelajaran tematik secara tatap muka yang mulai dilaksanakan kembali di semester genap tahun ajaran 2021/2022 memengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, tujuan yang ingin di capai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar siswa kelas IV pada pebelajaran tematik secara tatap muka dan menganalisis kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mencapai hasil 88% atau berkategori baik dan siswa lebih termotivasi selama pembelajaran tematik secara tatap muka. Walaupun sudah mencapai hasil dengan kategori baik, masih ditemukan kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu motivasi belajar siswa yang tidak menentu dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal.

Keywords

Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik, Tatap Muka

Full Text:

PDF

References

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher. Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120-133. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25-33. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Keputusan Bersama Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242 Tahun 2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Penelitian Fenomena, 4(1). 63-76. Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35-44. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Syahputra, E. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Garis Singgung Lingkaran bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Medan TP 2019/2020: Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral Dissertation). Syarifuddin, Aisyah, S., & Triana, Y. (2022). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 311-320. Tahir, M., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Variasi Mengajar Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Semester Tiga di Prodi Pendidikan Nonformal STKIP Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 201-209.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.