Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Siswa Kelas V

Achmad Basari Eko Wahyudi, Ain Maigina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri Kalitengkek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc.Tagart. pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ilmu pengetahuan siswa. Pada saat pra tindakan siswa masih pasif dan diam ketika diberi pertanyaan. Hasil observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan hanya 36,7 % masuk kategori baik. Data yang diperoleh dari sekolah menunjukkan prestasi belajar siswa sebesar 53,3 % telah lulus KKM. Pada siklus I, keefektifan belajar siswa sudah meningkat, siswa cukup baik pada kegiatan game dan turnamen. Hasil observasi menunjukkan keefektifan siswa pada akhir siklus sebesar 73,3%. Prestasi belajar menunjukkan 76,6% siswa telah lulus kriteria ketuntasan minimum. Pada siklus II, proses pembelajaran lebih kondusif dan lancer. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran lebih dominan. Hasil observasi menunjukkan keaktifan siswa pada akhir siklus sebesar 100%. Prestasi belajar yang diukur pada akhir siklus menunjukkan 90% siswa telah lulus KKM.

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Keaktifan, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.