Pengembangan Modul Parenting dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar

Hesti Lestari, Wahyudi Wahyudi, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik modul parenting yang dibutuhkan orang tua, (2) mengembangkan produk berupa modul parenting dalam pembelajaran membaca permulaan, dan (3) menganalisis kelayakan produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validasi dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba produk dilaksanakan di SDN 1 Jogomertan dan SDN 2 Jogomertan dengan subjek orang tua dan guru kelas I SD. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul parenting dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD yang diproses secara terstruktur dan terarah yang sudah sesuai kebutuhan dan layak digunakan sebagai buku penunjang orang tua dalam mempelajari ilmu parenting.

Keywords

modul parenting, pembelajaran, membaca permulaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.