Penerapan Pendekatan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Kalor dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA tentang kalor dan Perpindahannya pada siswa kelas V melalui penerapan pendekatan Blended Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran IPA tentang kalor dan perpindahannya dengan pendekatan Blended Laerning, persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 90%, pada siklus II sebesar 91,66%, dan pada siklus III sebesar 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang kalor dan perpindahannya pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kutosari tahun ajaran 2021/2022.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.