Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Semester II Sekolah Dasar

Anis Nurhayati, Wahyudi Wahyudi, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Pembelajaran dengan mengintegrasikan potensi lokal penting dilakukan untuk mengenalkan potensi yang ada di lingkungan peserta didik. Pemilihan pengembangan e-modul berbasis potensi lokal sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan karakteristik pengembangan e-modul tematik berbasis potensi lokal, (2) menganalisis kelayakan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen, (3) menguji keefektifan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen. Metode penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu berhasil dikembangkannya e-modul berbasis potensi lokal Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian dari para ahli sebesar 86,3% dengan kriteria “sangat valid”, serta dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai n-gain sebesar 76,12% dengan kriteris efektif dan perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,92 dengan kriteria sangat besar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) karakteristik pengembangan e-modul melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi, (2) e-modul yang dihasilkan sudah teruji kelayakannya, (3) e-modul yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. 

Keywords

e-module, thematic learning, local potency.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.