Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V; (2) menganalisis karakter siswa kelas V dalam implementasi bduaya sekolah; (3) menganalisis kendala dan upaya implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi budaya sekolah sudah terlaksana dengan kategori baik; (2) karakter yang mulai membudaya yaitu religius dan nasionalis dengan karakter yang berkembang yaitu mandiri, gotong royong dan integritas; (3) kendala implementasi budaya sekolah yaitu (a) rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti pembiasaan; (b) kurangnya motivasi dalam melaksanakn budaya sekolah; (c) siswa mudah lupa tentang karakter yang diajarkan guru. Upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kendala yaitu (a) menumbuhkan kesadaran siswa akan manfaat kegiatan pembiasaan, (b) memotivasi siswa untuk melaksanakan budaya sekolah, (c) bekerja sama dengan orang tua dalam membentuk karakter siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) implementasi budaya sekolah terlaksana dengan baik, (2) karakter yang terbentuk yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas, (3) terdapat kendala dalam implementasi budaya sekolah dan terdapat upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmani, J., M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press Hendarman, dkk. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Johannes, N., Y, Samuel P., R, & Hartini, A. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23. Pramana, M, E, A., & Syunu, T. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3),764-774 Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. JPSD, 3(2), 201-214 Riyanta, T. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 37-48 Sarastiti, I. (2020). Analisis Budaya Sekolah Di SD NU Master Sokaraja Banyumas. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto: IAIN Purwokerto Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. IVCEJ (Indonesian Values and Character Education Journal), 2(1), 36-42 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (mixed Methods), penelitian Tindakan (action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Exponential (educating of exceptional children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75-86. Tuati, A. F., Rosyidi, U., & Zulaikha, S. (2019). Building School Culture Through Implementation Of Character Education. Jurnal Ilmiah Econosains, 17(1). 20-30. Wahono, M., & Priyanto, A.S. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Karakter Pada Diri Siswa. Integralistik, 28(2). 140-147.
Refbacks
- There are currently no refbacks.