Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022

Laely Rizki Amalia, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan seberapa besar sumbangan efektif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi penelitian sebanyak 596 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 260 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dari analisis regresi diperoleh nilai thitung 4.834 ≥ ttabel 1.969 dan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Analisis korelasi diperoleh rhitung = 0,288 > rtabel (df = 260) = 0,121. Sumbangan efektif variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 8,3%. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022.

Keywords

learning motivation, learning outcomes, mathematics

Full Text:

PDF

References

A'la, R., & Subhi, M. R. I. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Madaniyah, 6(2), 242-259.

Amir, Z. & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ewin, H., & Utami, S. (2013). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Fitriana, E. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Di Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Blado Batang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327-332.

Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451-1459.

Jumadi. (2018). Peranan Motivasi Belajar Matematika, Persepsi terhadap Pelajaran Matematika, dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 54-68

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088-098.

Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 3(2), 57-75.

Priyatno, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Rozaqi, R., Hamdani, H., & Rustam, R. (2020). Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Belief About Mathematics Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1-8.

Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Winata, R. & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85-92.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.