Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN se-Kecamatan Kuwarasan Tahun Ajaran 2021/2022

Uswatun Hasanah, Ngatman Ngatman, Ratna Hidayah

Abstract

Hasil penilaian tengah semester mata pelajaran IPA terendah di antara mata pelajaran lain. Atas dasar tersebut, penelitianlini difokuskan pada hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN se-Kecamatan Kuwarasan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda dan korelasi ganda. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Sumbangan variabel pola asuh orang tua dan percaya diri terhadap hasil belajar IPA sebesar 39,8%, sisanya 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain, memiliki tingkat korelasi tinggi yaitu 0,631. Kesimpulan penelitian yaitu secara bersama-sama terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kuwarasan tahun ajaran 2021/2022. Semakin tinggi skor pola asuh dan percaya diri, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai siswa, begitu pula sebaliknya.

Keywords

parenting styles;students’ self-confidence;natural science learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Akbari, O. & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research. 5 (1), 1-15. Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8 (2), 126-143. Asiyah., Wahid, A., dan Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (3), 217-226. Fadlilah, M., Wahab, R., Ayriza., dan Indartono, S. (2020). The Roles of Parenting Style towards Mental Health of Early Childhood. Medico-legal Update, 20 (2), 667-672. Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05 (1), 27-35. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17 (14), 66-79. Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 (1), 17-25. Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika. Laksana, A. P. & Hadijah, H. P. (2019). Kemandirian Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 1-7. Maknun dkk. 2018. Sukses Mendidik Anak di Abad 21. Yogyakarta:Samudra Biru. Oktarini, K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogia dan Pembelajaran. 1 (2), 76-83. Rahayu, S. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5 (1), 50-59. Raresik, K. A., Dibia, I. K. & Widiana, I. W. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Gugus VI. Jurnal PGSD, 4 (1) Santi, E. M. W., Margunayasa, I. Gd. & Kusmariyatni, Nym. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Interpersonal dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7 (2), 98-109. Sugiartini, N. K., Pudjawan, K. & Renda. N. T. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5 (2), 1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.