PENGARUH GAYA BEAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN MIRIT TAHUN AJARAN 2021/2022

Anisa Nur Azizah, Suhartono Suhartono, Ngatman Ngatman

Abstract

Abstrak

Gaya belajar dan kemandirian belajar merupakan faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa (2) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa (3) mengetahui pengaruh gaya belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh gaya belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

                                                        

Keywords

gaya belajar, kemandirian, prestasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.