PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KUTOARJO TAHUN AJARAN 2020/2021

Lia Mei Saputri, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Abstrak

Hasil belajar merupakan proses untuk melihat sejauh mana siswa menguasai pembelajaran setelah mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua. Peneltian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar maematika, (2) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar maematika, (3) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur. Populasi penelitian ini berjumlah 794 siswa dengan jumlah sampel 270 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kutoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh demokratis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 83,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (2) Pola asuh otoriter berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 23% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (3)  Pola asuh permisif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 65,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Keywords

pola asuh;hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 (1). 33-48. Bakar, Z.A. (2012). Parenting Style and Its Effect on the Malaysian Primary School Childern’s School Performance. International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2012). 1579 – 1584. Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak). Jakarta: PT Rineka Cipta Niaraki, F.R. & Hassan, R. (2013). The Impact of Authoritative, Permissive and Authoritarian Behavior of Parents on Self-Concept, Psychological Health and Life Quality. European Online Journal of Natural and Social Sciences. 2 (1). 78-85. Ningrum, W.R. (2016). Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan. 17 (2). 129-137. Obi, I.E. (2014). Influence of Parenting Styles on In-School Adolescents Achievement Goal Orientation and Academic Achievement. Psychology Research. 4 (5), 364-375. Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5 (2). 375-386. Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam.1 (2). 237-249. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Tridhonanto, A. & Beranda, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.