PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN BULUSPESANTREN TAHUN AJARAN 2020/2021

Kuni Aminati, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Muhamad Chamdani

Abstract

Prestasi akademik adalah hasil akhir untuk mengukur pencapaian yang diperoleh siswa dari aktivitas belajar yang diwujudkan dalam bentuk angka setelah melewati proses penilaian yang telah ditentukan. Prestasi akademik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor eksternal dalam pemerolehan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh positif keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa, (2) menganalisis seberapa besar sumbangan keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan analisis korelasi, regresi linear sederhana, uji t, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan siginifikan terhadap prestasi akademik siswa dengan thitung (8,791)  > ttabel (1,968), (2) keterlibatan orang tua memberikan sumbangan sebesar 21,5% terhadap prestasi akademik siswa  Dengan demikian, keterlibatan orang tua memberikan pengaruh positif terhadap prestasi akademik siswa sebesar 21,5%.

Keywords

keterlibatan orang tua, prestasi akademik

Full Text:

PDF

References

Cole, Sylvia A. (2017). The Impact of Parental Involvement On Academic Achievement. Dissertation Manuscript. Deviana. (2019). The Influence of Parents Involvement on Students Achievement. Thesis. Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74. Rozalia, M.F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN se-Gugus VIII Kecamatn Blimbing Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5 (2), 722-731. Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. Suryabrata, Sumadi. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Tolada, Titis. 2012. Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDIT Permata Hati Banjarnegara. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.