PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN BULUSPESANTREN TAHUN AJARAN 2020/2021

Aliffah Aliffah, Tri Saptuti Susiani, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Hasil belajar adalah kecakapan atau kemampuan yang didapatkan dari pengalaman belajar siswa, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang diukur melalui tes maupun nontes dan hasilnya dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor eksternal dalam pemerolehan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) menganalisis besarnya sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana, uji t dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan  nilai r hitung (0,509) > r tabel (0,123) dan persamaan regresi Y = -42,918 + 1,229X serta nilai thitung (9,432) > ttabel (1,969), (2) Perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 25,9% terhadap hasil belajar matematika.

Keywords

perhatian orang tua, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta. Buff, A., Reusser, K., & Dinkelmann, I. (2017). Parental Support and Enjoyment of Learning in Mathematics: Does Change in Parental Support Predict Change in Enjoyment of Learning. The International Journal on Mathematics Education, Vol. 49 No. 3. Hayati, A.N. (2016). Jurnal Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(13), 24. Silinkas, G. & Kikas, E. (2019). Parental Invovelment in Math Homework Link to Children Performance and Motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan Skandinavia, 63(1), 19. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Thoha, I & Wulandari, D. (2016). The Effect of Parents Attention and Learning Discipline on Economics Learning Outcome. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Vol. 6 No. 1. Widyasari, N. Meter, G. Oka, N. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, Vol. 3 No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.