HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN PREMBUN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang didapatkan oleh seorang siswa seperti mendapatkan perhatian, bimbingan, dan pemenuhan kebutuhan ekonomi sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya demi meraih hasil belajar maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa dan (2) mengetahui sumbangan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 229 siswa kelas V di sebelas SDN se-Kecamatan Prembun yang dipilih secara acak menggunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling dengan SPSS 21. Hasil penelitian menujukkan terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Prembun (nilai Sig. 0.000 < 0,05). Sedangkan untuk hasil analisis korelasi didapatkan r hitung sebesar 0,573 dan r tabel sebesar 0,129. Lingkungan keluarga memberikan sumbangan terhadap hasil belajar matematika sebesar 32% dan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alaydrus, A.M. & Sarwono. (2018). Analisis Faktor Keterlambatan dimulainya Pelaksanaan Proyek Kontruksi pada Model Kontrak Rancang Bangun. Jurnal Konstruksia, 10 (1), 95-116.
Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.
Kaukab, S. (2016). The Impact of Parent/Family Involvement on Student’s Learning Outcomes. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(10), 72-81.
Nafisyah, L. (2017). Hubungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi dengan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V SDN Gugus Patimura Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Negeri Semarang Tahun 2017, Hlm. 8. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Priadi, A., & Nuha, R. A. (2019). The Influence of Family ’ s Support for Students English Learning Achievement at Elementary School Age. English Language Teaching Educational Journal, 2(2), 90–101.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.
Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan Kondisi Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98-102.
Rahayu, S. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 50-59.
Riduwan dan Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. (2010). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Tresnati, K. N. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD di Gugus Kresna dan Shinta Kecamatan Semarang Barat. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Negeri Semarang Tahun 2016, Hlm. 8. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Trianah dan Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 7-14.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.
Wulandari, D. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III di SDN 1 Nglandung Geger Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Refbacks
- There are currently no refbacks.