CORRELATION BETWEEN PARENTAL INVOLVEMENT AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES TO FOURTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN PREMBUN SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR OF 2020/2021

Linda Safitri, Muhamad Chamdani, Ratna Hidayah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara pendampingan orang tua dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun dan mengukur besarnya sumbangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan SPSS. Jumlah sampel penelitian 232 siswa di sebelas SDN se-Kecamatan Prembun. Pengambilan data menggunakan angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif dengan taraf signifikansi 5%. Pada pengujian korelasi didapatkan sig = 0,000 (sig < 0,05) dengan hasil koefisien korelasi antara pendampingan orang tua dan hasil belajar matematika yaitu 0,405. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara pendampingan orang tua dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun tahun ajaran 2020/2021 dengan pendampingan orang tua memberikan sumbangan sebesar 16,40 % terhadap hasil belajar matematika.

 

 

 

Keywords

pendampingan orang tua, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References

Alaydrus, A.M., & Sarwono. (2018). Analisis Faktor Keterlambatan Dimulainya Pelaksanaan Proyek Kontruksi pada Model Kontrak Rancang Bangun. Jurnal Konstruksia, 10 (1), 95-116.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Eismawati, E., Koeswanti, H., Radia, E. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2) 71-78.

Huang, C., at al .(2020). Clinical Features of Patients Infected with 2019 Novel Coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125.

Nuraeni & Syihabuddin, S.A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal Belaindika, 1(1), 19 – 20.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Priyatno, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Qomaruddin. Q. (2016). Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Studi Islam Dan Muamalah At-Tahdzib Volume 4(2), 2.

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S.L. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Watimury, P., & Bahalwan, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. Jurnal Biology Science & Education, 8(1), 41-46.

Yanti, N.K.K., Suarjana, I.M., & Astawan, I.G. Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 1-5.

Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.