ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA TENTANG MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2020/2021

Rumiati Rumiati, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis kesulitan belajar IPA, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar IPA, (3) mendeskripsikan alternatif solusi pada kesulitan belajar IPA materi sumber energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan menginterpretasi (interpreting) sebesar 45,0%, mencontohkan (exemplifying) sebesar 19,45%, mengklasifikasikan (classifying) sebesar 34,1%, inferensi (inferring) sebesar 24,8%, dan menjelaskan (explaining) sebesar 39,5%, (2) Faktor penyebabnya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan (3) alternatif solusi bagi siswa yaitu berlatih untuk belajar dan menjelaskan materi dengan bahasanya sendiri, membiasakan diri untuk belajar secara teratur, membiasakan diri untuk meringkas materi dan bagi guru yaitu mengadakan bimbingan bagi siswa yang kesulitan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan menggunakan media pembelajaran peta konsep dalam pembelajaran.

Keywords

analisis, kesulitan belajar IPA, energi alternatif

Full Text:

PDF

References

Awang, I.S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6 (2), 108-122.

Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 2.

Fitriyati, I., Hidayat, A., dan Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1 (1), 27.

Maryanto. (2017). Kayanya Negeriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Novembli, M.S. (2015). Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan (Studi Kasus di SD Negeri 03). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4 (1), 1-14.

Rizky, A, Muharam, L.O dan Aspin. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya-Upaya untuk Mengatasinya (Studi Kasus di SMAN 6 Kendari). Jurnal Bening. 2, (2), 47-56.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suryani, E, Rusilowati, A dan Wardono. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5 (1), 62.

Tala, S dan Vesterinen, T.M. (2015). Nature of Science Contextualized: Studying Nature of Science with Scientits. Journal Science and Education, 24 (4), 435-457.

Trianggono, M.M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3 (1), 3.

Yalcin, F.A dan Yalcin, M. (2020). Turkish Primary Teacher Candidates’ Cocceptual Understranding of Gases. Sciences Education International, 31 (3), 255.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.