Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Wahyu Retnoningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data yang digunakan yaitu data kualitatif tentang informasi penerapan langkah-langkah model inkuiri terbimbing dan data kuantitatif tentang hasil belajar IPA materi perkembangan teknologi pangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik sebesar 75,5% pada siklus I dan 86,54% pada siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam 5 langkah yaitu: (1) orientation; (2) conceptualization); (3) investigation; (4) conclusion; (5) discussion. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.