Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Umi Muslimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model problem based learning pada siswa kelas V SD N Godog 02 Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  observasi dan catatan lapangan. Sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan diskribsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari ke siklus I dengan persentase kelulusan sebesar 63% dan pada siklus 2 mengalami kenaikan persentase kelulusan  menjadi 87%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Godog 02 Kabupaten Sukoharjo. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.