Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Dibal tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif concept sentence. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini merupakan guru dan peserta didik dengan jumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman. Siklus I ketuntasan klasikal sebesar 36% dan siklus II meningkat menjadi 92%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Dibal tahun ajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.