Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam satu siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah satu guru dan tigabelaspeserta didik. Menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknis uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triagulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra tindakan sebesar 30,77%, kemudian setelah tindakan dengan menerapkan model TTW menjadi 46,15% pada siklus I, meningkat menjadi 69,23% pada siklus II dan meningkat menjadi 84,23% pada siklus III. Peningkatan juga terlihat pada rata-rata setiap aspek yang diperoleh. Simpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas V SD N Geneng I Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.