Penggunaan Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 5 SDN Mrahu

Puspita Intan Kusumaningrum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan Hasil Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Video Interaktif Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN Mrahu Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Siklus I dan II masing-masing dua pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang didapat dari data tes memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 41% tuntas KKM. Pada siklus 1 terdapat 59% tuntas KKM sehingga siklus dilanjutkan. Kemudian pada siklus 2 terdapat 88% tuntas KKM sehingga siklus dihentikan. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus 2. Dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus 2, yaitu 88% peserta didik tuntas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas 5 SDN Mrahu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.