Peningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Media Game Edukasi Kahoot pada Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis menggunakan media game kahoot pada peserta didik Kelas 2 SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Siklus I dan II masing-masing dua pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah seluruh siswa II SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan di dapat pada siklus II, yaitu 86% peserta didik tuntas KKM, nilai rata-rata peserta didik di setiap siklus mengalami kenaikan. Pada prasiklus nilai rata-rata peserta didik adalah 48,6 atau di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 57,1. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 74,3 atau di atas KKM. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media game edukasi kahoot berhasil meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital dalam pembelajaran daring pada siswa kelas 2 SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.