Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Pembelajaran Matematika Bangun Ruang

Mega Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model PBL, meningkatkan pembelajaran matematika, mendeskripsikan kendala solusi. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: langkah model PBL yaitu: orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pembimbingan, penyajian hasil, analisis dan evaluasi, penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar tentang bangun ruang. Kendala penggunaan model PBL: belum semua siswa mengikuti pembelajaran, siswa kesulitan ketika berkelompok, siswa belum mencatat simpulan, siswa belum percaya diri, siswa yang pasif. Solusinya: mengarahkan untuk bergabung dengan teman lain, membagi kelompok sebelum pelaksanaan pembelajaran, meminta siswa mencatat simpulan, memberi motivasi, memberi arahan agar siswa aktif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Jatisari tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.