Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Interpretasi Data
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita interpretasi data dengan menerapkan model pembelajaran CPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 30 peserta didik kelas V SDN Soropadan Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil siklus I sebesar 50% secara klasikal dan siklus II sebesar 83,33% secara klasikal. Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada kelas V SDN Soropadan Surakarta tahun ajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.