Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Materi Gaya pada Kelas IVA SD N Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021

Isni Ramadhantri

Abstract

Berdasarkan observasi di SD N Dukuhan Kerten Surakarta menunjukkan kondisi yakni : peserta didik pasif dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran IPA selama pembelajaran daring adalah metode penugasan, model pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran ipa selama pembelajaran daring belum melibatkan peserta didik melakukan penemuan secara mandiri/ kelompok, hasil belajar IPA siswa kelas IVA tergolong rendah berdasarkan tes pratindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran materi gaya pada kelas IVA SD N  Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021 melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan penetitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata observasi siswa pada siklus ! sebesar 82.63% dan siklus II sebesar 87.93%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I  sebesar 81.23% dan siklus II sebesar 89.59%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi gaya pada kelas IVA SD N Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.