Optimizing E-Learning To Improve Digital Literacy Of The Third Elementary School Students

Ihdina Khusnasani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan mendeskripsikan cara mengoptimalkan e-learning yang dapat meningkatkan literasi digital pada siswa kelas III SDN 1 Giripurwo Kulon Progo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian yang akan dilaksanakan ini adalah siswa kelas III SDN 1 Giripurwo Kulon Progo yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengoptimalan e-learning dapat meningkatkan literasi digital pada siswa kelas III SDN 1 Giripurwo Kulon Progo tahun ajaran 2020/2021, sedangkan cara mengoptimalkan e-learning yang dapat meningkatkan literasi digital harus dilakukan sesuai dengan prosedur langkah-langkah pembelajaran jarak jauh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.