Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Kelas IV

Icha Larasati

Abstract

Proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam proses  pembelajaran perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu  meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV melalui penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian  ini adalah siswa kelas IV B di SDN Dukuhan Kerten. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,  observasi, dan wawancara.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas sebesar 78%.  Pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas sebesar 90%. Hasil ini menunjukan  bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mupel IPA Kelas IV di SDN Dukuhan Kerten Surakarta. . Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk direkomendasikan kepada guru kelas sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan  hasil pembelajaran tindak lanjut yang dapat dilakukan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.