Improving Student’s Initial Reading Skills Using Flash Card Media

Fitri Nurjayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas II SDN 2 Ketitang tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan media flash card. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dilakukan secara daring melalui tatap layar menggunakan video conference facebook. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan test keterampilan membaca permulaan melalui voicenote whatsapp untuk mengetahui perkembangan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik. Kriteria keterampilan membaca permulaan yang digunakan adalah ketepatan membaca kata atau kalimat, kejelasan Lafal dan Intonasi, kecepatan membaca dan volume suara. Pada siklus I jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai keterampilan membaca permulaan ≥ 75 adalah 47,06% atau 8 dari 17 peserta didik. Pada siklus II jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai keterampilan membaca permulaan ≥ 75 sebanyak 58,82% atau 10 dari 17 peserta didik. Pada siklus III jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai keterampilan membaca permulaan ≥ 75 sebanyak 82,35% atau 14 dari 17 peserta didik. Hasil ini menunjukan bahwa media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas II SDN 2 Ketitang tahun pelajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.