Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Media Gelas Warna Pada Peserta Didik Kelas I
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan menggunakan media gelas warna pada peserta didik kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Blangu 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik ananlisis data yang digunakan adalah model deskiptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan Hal ini terbukti pada kondisi awal presentase ketuntasan klasikal 33,33%. Siklus I presentase ketuntasan klasikal 73,33%, dan siklus II ketuntasan klasikal 86.67%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media gelas warna dapat meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan pada peserta didik kelas I sekolah dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.