Application Of Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Methods To Improve Reading Skills

Ayu Prasetyaningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021  dengan menerapkan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pelaksanaan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.  Subjek yang diteliti adalah guru dan 15 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.