Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah penting dikembangkan untuk literasi matematika pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sedayu Purworejo, Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Teknik Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik Analisis Data menggunakan Model Interaktif Miles-Huberman. Kondisi awal keterampilan pemecahan masalah adalah nilai rata-rata skor kelas 50,04 dengan ketuntasan 36,00%. Kondisi akhir menghasilkan nilai rata-rata 84,27 dan ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Sedayu Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.