HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Rizki Kurnianto, Tri Saptuti Susiani, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Klirong tahun ajaran 2020/2021 dan mengukur besarnya sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Klirong tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi sederhana. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% dan mencari sumbangan variabel dengan rumus koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Klirong tahun ajaran 2020/2021. Koefisien korelasi yaitu sebesar 0,426 dan berarti berada pada tingkat hubungan sedang. Hal tersebut berarti semakin tinggi kemandirian belajar, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar IPA siswa. Kemandirian belajar memberikan sumbangan sebesar 18,1% terhadap hasil belajar IPA.

Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.