Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021

Ngaenu Rofiqoh, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Ngatman Ngatman

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika dan menghitung besarnya sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.400 siswa dengan jumlah sampel 332 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes, data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen sebesar 13.2% dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka akan semakin tinggi pula kemampuan memecahkan masalah matematika siswa, dan begitupun sebaliknya. Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika yaitu sebesar 13,2% dan sisanya sebesar 86,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: kecerdasan emosional, kemampuan memecahkan masalah matematika

Keywords

kecerdasan emosional, kemampuan memecahkan masalah matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.