HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Irfan Yoni Tama, Suhartono Suhartono, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Abstract

Family environment is the most important thing for student’s educational improvement because Family environment is the first place for a student to communicate and socialize. The study aimed to analyze the correlation and contribution of family environment on mathematics learning achievement to fourth grade students of public elementary schools in Kebumen Sub-district in  academic year of 2020/2021. The research was correlational quantitative method. Sampling method was cluster random sampling technique. Data analysis used SPSS application. The results showed that the family environment and student’s mathematics learning achievement had a correlation coefficient of 0.412. Family environment contributed 16.9% on mathematics learning achievement and the remaining 83.1% was influenced by other factors. It concludes that there is positive correlation between family environment and mathematics learning achievement. This meant that the better student's family environment, the higher student's mathematics learning achievement, and vice versa.

Keywords: family environment, mathematics learning achievement

 

Abstrak

Lingkungan keluarga menjadi lingkungan yang paling penting dalam perkembangan pendidikan seorang siswa dikarenakan keluarga merupakan tempat pertama kali seorang siswa untuk berkomunikasi dan melakukan sosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan sumbangan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS dalam menganalisis korelasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 0,412 dan sumbangan sebesar 16,9%. Berdasarkan pembahasan dan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa memiliki hubungan positif di mana semakin baik lingkungan keluarga siswa, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar matematika siswa, dan sebaliknya. Sumbangan hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa sebesar 16,9% dan 83,1% dipengaruhi faktor lain.

 

Kata kunci: lingkungan keluarga, prestasi belajar matematika

Keywords

lingkungan keluarga, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.