ANALISIS GAYA BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MERAIH PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 4 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2020/2021

Lin Wahyuni, Suhartono Suhartono, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Analisis Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Meraih Prestasi Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis kecenderungan gaya belajar siswa dan tipe pola asuh orang tua dalam meraih prestasi belajar kelas VB SD Negeri 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 4 Kutosari yang berjumlah 26 siswa dengan perincian sepuluh siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar di kelas VB baik. Kecenderungan gaya belajar peserta didik yaitu auditori yang berjumlah sepuluh siswa, lima siswa bergaya belajar kinestetik dan lima siswa bergaya belajar visual. Indikator dari masing-masing gaya belajar sudah terpenuhi pada masing-masing siswa dengan gaya belajarnya. Tipe pengasuhan orang tua siswa kelas VB dominan menerapkan pola asuh demokratis. Sebanyak 21 orang tua membiasakan pola asuh demokratis, sisanya membiasakan pengasuhan otoriter. Siswa dengan prestasi belajar tinggi mempunyai orang tua dengan pola pengasuhan demokratis. Siswa dengan prestasi belajar rendah mempunyai orang tua dengan pola asuh otoriter. Indikator dari masing-masing pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter sudah terpenuhi.

Keywords

gaya belajar, pola asuh orang tua, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan, 7 (1), 33-48. Diperoleh pada 9 Desember 2020 dari https://media.neliti.com/media/publications/121261-ID-pola-asuh-orang-tua-dan-implikasinya-ter.pdf

Chayati, N. N., (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

DePorter B. & Hernacki M. (2015). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT Mizan Pustaka

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan A. Bandung: Rosdakarya

Gunarsa, D. S. (2009). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hildayani, R. (2010). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1 (2), 291-297. Diperoleh pada 9 Desember 2020 dari https://ejournal.upi.edu

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti, Pemula. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triodhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.