HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

ERLYNDA AYU KUSUMAWATI, NGATMAN NGATMAN, WAHYUDI WAHYUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dan menghitung besarnya sumbangan intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasinya 1400 siswa dan sampelnya 347 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Uji prasyarat meggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data penelitian ini yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dengan tingkat korelasi sedang yaitu 0,371 dan sumbangan variabel intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD yaitu 13,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021.

Keywords

Intensitas Belajar, Hasil Belajar, PPKn

Full Text:

PDF

References

Fitriyani. (2019). Hubungan Minat Belajar dan Intensitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom. Mathematics Education Journal, Volume 1 Nomor 1, Mei 2019.

Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV. IRDH.

Mahajan, M & Singh, M.K.S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. OSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR - JHSS) Volume 22, Issue 3, Ver. V (March. 2017) PP 65-67 e-ISSN: 2279 - 0837, p - ISSN: 2279 - 0845.

Maryam, S. (2013). Penggunaan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Materi Pokok Budaya Indonesia yang Dipentaskan di Luar Negeri di Kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango Gayo Lues Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Melda. (2015). Pengaruh Media Massa Terhadap Intensitas Belajar Matematika Di Rumah Pada Siswa Kelas XI IPS MAN Palopo. Skripsi. IAIN Palopo.

Pranoto. (2016). Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di LBB Primagama Kabupaten Lamongan. Jurnal J+PLUS UNESA Vol. 5 No. 1.

Riyandiarto. (2017). Hubungan Intensitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal MathGram Matematika Vol. 2 No. 1 April 2017.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Syarifudin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal TA’DIB, Vol. XVI, No. 01, Edisi Juni 2011.

Wulandari, R. (2013). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Intensitas Belajar Dan Lingkungan Sosial Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMS Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.