ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 JATISARI KEDUNGREJA, KAB. CILACAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nurulfat Riani, Ngatman Ngatman, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalis kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V; (2) mendeskripsikan hambatan yang dialami siswa berkaitan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan objek siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes kemampuan membaca pemahaman, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai nilai rata-rata 79 yang termasuk dalam kategori tinggi. (2) hambatan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman yakni pada soal kata tanya mengapa dan bagaimana, menentukan ide pokok paragraf, membedakan fakta dan opini, serta kegiatan belajar siswa yang kurang membiasakan diri untuk belajar memahami bahan bacaan. (3) upaya yang dilakukan guru yakni membiasakan literasi membaca pada awal pembelajaran, membiasakan siswa memahami bacaan dengan strategi yang tepat, serta memberikan bimbingan secara khusus bagi siswa yang mengalami hambatan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V mencapai nilai rata-rata 79 yang termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan Penilaian Acuan Patokan (PAP) sesuai KKM muatan pelajaran bahasa Indonesia yakni 68. Guru telah melakukan upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami siswa selama pembelajaran.

Keywords

Kata kunci: Analisis; Kemampuan membaca pemahaman; pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.