Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020

Novia Indrianingsih Indrianingsih, Muh chamdani chamdani, ratna hidayah hidayah

Abstract

tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Karangayar, (2) Mendeskripsikan kegiatan-kegiatan pendukung dalam pelaksanaan  layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar, (3) Mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar sudah tergolong cukup baik karena perentase tertinggi bnerada di angka 86%; (2) kegatan pendukung  dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling meliputi: kunjungan rumah, alih tangan kasus, konferensi kasus, dan aplikasi instrumentasi; (3) hambatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling berupa keterbatasan guru dalam membuat perencanaan dan melakukan evaluasi. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah 1 Karanganyar sudah tergolong baik.


Keywords

Pelaksanaan, Bimbingan dan Konseling, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.