PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LEREPKEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Anjar Wijiatmiko, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Lerepkebumen Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun 2019/2020 yang terdiri dari 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.  Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85,89%, siklus II sebesar 91,02%, dan siklus III sebesar 94,87%. Jadi, model Quantum Teaching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA

Keywords

Quantum Teaching, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.