PENERAPAN MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP TEMA 7 SUBTEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SOBAYAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Karenina Shalshal Agsari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Muhammad Chamdani

Abstract

Penerapan Model Multiple Intelligences  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV  SDN 3 Sobayan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBdP tema indahnya keberagaman di negeriku dengan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Teknik dalam pengumpulan data terdiri nontes dan tes. Validitas data diuji menggunakan strategi triangulasi sumber data dan metode. Analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatakan hasil belajar SBdP tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu 56% dan 72%, dan untuk siklus II dan III tidak dilaksanakan dikarenakan Covid-19. Jadi, penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatkan pembelajaran SBdP pada tema 7 subtema 2 siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020.

Keywords

Model Multiple Intelligences, Hasil Belajar, SBdP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.