PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TENTANG SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS V SDN 5 PANJER TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning serta untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains pada siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Hasil kreativitas siswa siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 80,1%. Hasil keterampilan proses sains siklus I sebesar 77,4% dan siklus II sebesar 83,7%. Hal ini menunjukkan bahwa, model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains pada siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Hal ini sejalan dengan penelitian Surya, Relmasira & Hardini (2018) yang menyatakan bahwa model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga Tahun ajaran 2018/2019.
Keywords
Project Based Learning, Kreativitas, Keterampilan Proses Sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.