PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA 5 PADA SISWA KELAS III SDN 5 PANJER TAHUN 2019/2020

Herlina Herlina, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model auditory intell e ctually repetition , (2) meningkatkan hasil belajar PPKn tema 5 melalui penerapan model auditory intell e ctually repetition , (3) mencari solusi dan solusi menggunakan model auditory intell e ctually pengulangan untuk meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Kelas III SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Panjer.Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data percakapan menggunakan strategi triangulasi sumber dan metode. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian Penyanyi bahwa menunjukkan: (1) Model penerapan pendengaran intell e ctually pengulangan, dilaksanakan DENGAN Langkah-Langkah: (a) penyampian materi ( pendengaran) ; (B) diskusi kelompok ; (c) penyampaian hasil diskusi kelompok ( auditori); (d) pengulangan materi (pengulangan) (2) penerapan Modelpendengaran intellctually pengulangan DAPAT meningkatkan hasil temuan Temuan Temuan belajar PPKn tema 5, dibuktikan DENGAN peningkatan hasil temuan Temuan Temuan belajar Siswa DENGAN penerapan Model pendengaran intell e ctually pengulangan Oleh guru PADA SIKLUS I-III, Yaitu: 52,08%, 85,42%, 95 , 83%, (3) Terdapat kendala Dan Solusi penerapan Model pendengaran iNTELL e ctually pengulangan , menantang yang di Alami Oleh Siswa Yaitu: (a) Siswa Belum menantang Pertanyaan ditunjukan ditunjukan kepada guru; (B) siswa belum mampu berdiskusi dengan baik; (c) siswa kurang percaya diri pada saat presentasi; (d) siswa tidak memperhatikan teman yang sedang presentasi. Solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, yaitu: (a) guru memotivasi dan memberikan hadiah kepada siswa yang dapat mengajukan pertanyaan; (B) guru membimbing diskusi kelompok; (c) guru memberikan bimbingan dan motivasi agar siswa mempercayai presentasi; (d) guru memberikan persetujuan yang sedang sibuk akan diberi tanggung jawab atau hukuman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model auditory dengan intelektual pengulangan dapat meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Kelas III SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2019/2020.

Keywords

Auditory intellectually Repetition, hasil belajar, PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.